6 FILM BOLLYWOOD TANPA ADEGAN TARI DAN NYANYI YANG LEBAY


Film india atau yang lebih akrab disebut film bollywood identik dengan nyanyian-nyanyian yang disertai dengan tarian-tarian yang terkesan lebay dan terkesan memaksakan. Bagaimana tidak bahkan disuasana yang tidak tepat untuk bernyanyi, film india justru menyelipkan nyanyian-nyanyian tersebut. Sebenarnya lagu-lagu dalam film india sangat nikmat untuk diperdengarkan saat berdiri sendiri. Namun hal tersebut tidak berlaku saat lagu-lagu tersebut diselipkan kedalam film.

Namun jika kita pintar memilah-milah film india, banyak sekali film-film dari negeri sungai gangga tersebut yang memiliki kualitas bagus. Sebut saja Kahaani, Tallash dan bahkan film Slumdog Millioner yang berhasil meraih banyak penghargaan termasuk Academy Award (Baca : Piala Oscar). Persamaan dari ke 3 film diatas adalah mereka merupakan sedikit dari film india yang tidak menawarkan tarian-tarian dan nyanyian-nyanyian lebay khas negeri asal Taj Mahal tersebut.

Selain 3 film diatas masih banyak film-film india yang tidak menawarkan tarian dan nyanyian lebay. Walau jumlah mereka sedikit namun mereka selalu menawarkan cerita dan plot yang menarik dan beda daripada yang lain. Berikut ini saya mengulas 6 film bollywood tanpa adegan tarian dan nyanyian yang lebay.

Peringkat 6  MY NAME IS KHAN

mnik1

My Name Is Khan (MNIK) Punya segalanya untuk masuk kedalam daftar ini. Cerita yang tidak biasa, Aktor dan Aktris handal (Sharuk Khan dan Kajol), Sutradara ternama dan tentu saja tanpa tarian dan nyanyian yang lebay.

MNIK Bercerita tentang Khan pemuda muslim india yang hidup damai dengan istrinya yang hindu di amerika. Semua hidupnya berubah setelah kejadian 9/11 yang menggemparkan itu terjadi. 9/11 tidak hanya menghancurkan twin tower di DC tapi juga membuat kaum muslim india di negeri paman sam mendapat perlakuan diskriminatif dari warganya. Cerita Khan yang mencari keadilan untuk kaumnya mendominasi film MNIK. Dan seperti biasa karan johar menyelipkan kisah cinta romantis kedalam film ini.

Peringkat 5  TERE ZAMEEN PARR

TZP

Like a star on earth, dari terjemahan bahasa inggrisnya saja kita pasti sudah bisa menebak betapa bagusnya film ini. Dan kita akan sedikit dapat bocoran cerita didalamnya melalui Taglinenya (Every Child is Special è kurang lebih seperti itu).

Bercerita tentang seorang anak penderita dislexia (sayangnya orangtua si anak tidak tahu penyakit itu) yang dibuang (agak kasar bahasanya) ke sekolah asrama oleh orangtuanya karena menganggap anaknya yang masih belum bisa membaca itu bersikap nakal. Film ini sangat bagus dari caranya bercerita dan memiliki pesan moral bagi kita terutama memberitahu para orangtua atau calon orangtua bagaimana cara mendidik anak. Banyak hal yang sering kita paksakan kepada seorang anak tanpa kita ketahui keadaan anak tersebut. Film ini berhasil menjabarkan itu semua melalui akting prima Amir Khan (Ram Shankar Ninkumbh) dan Darshell Safary (Ishaan Awasthi) . Amir khan juga bertindak sebagai sutradara merangkap produser dalam film ini.

Peringkat 4  NO ONE KILLED JESICCA

no_one_killed_jessica_rani_vidhya_wallpapers_2

Tidak banyak film india yang terinspirasi dari suatu peristiwa nyata, apalagi peristiwa yang sempat menghebohkan negeri tersebut. Dan No One Killed Jesicca (NOKJ) adalah salah satu dari yang sedikit tersebut. Cerita NOKJ terinspirasi sebuah peristiwa heboh yang menggemparkan negeri india di akhir tahun 90-an. Peritiwa yang tidak hanya menyita perhatian rakyat sipil saja, peristiwa tersebut konon membuat dunia politik negeri tersebut kalang kabut.

Adalah peristiwa terbunuhnya Jesicca Lall oleh anak dari seorang politikus. Jesicca Lall terbunuh setelah anak politikus tersebut menembakan timah panas di hadapan kurang lebih 300 orang saksi mata. Terlihat dari background kasusnya mungkin ini adalah kasus yang mudah karena ada kurang lebih 300 orang saksi namun fakta jika yang membunuh adalah seorang anak politikus ternama membuat semuanya jadi berbeda. Suap-menyuap terhadap saksipun terjadi. Sampai akhirnya … ah lebih baik saya tidak menceritakannya disini karena nanti jadi spoiler.

Film NOKJ sendiri lebih banyak bercerita tentang kakak dari jesicca lall – sabrinan lall (Vidya Balan)– yang berjuang mencari keadilan bagi adiknya dibantu seorang reporter televisi-Meera Gaity (Rani Mukerjee)-. Sabrina lall berhasil diperankan dengan sempurna oleh Vidya Balan sedang rani mukerji berperan sebagai reporter televisi. Walau pada dunia nyata Rani dan Vidya berselisih namun chemistry mereka di film ini sangat kompak.

Ada satu dialog di film ini yang bisa kita renungkan bersama “Jika kau harus memilih 10 juta rupee atau peluru dikepalamu, apa yang akan kau lakukan ?”. huft menurut PARADIGMA dalem banget ini maknanya guys.

Peringkat 3  TALLASH

talaash_505_120112010507_121212061613

Amir Khan menurut saya memang sineas bollywood yang beda. Beberapa film-fil terbarunya memiliki plot yang enak untuk dinikmati. Mulai dari Ghajini, 3 Idiots sampai Terre Zameen Parr. Dan Di Tallash ini Amir Khan mencoba sesuatu baru mungkin dalam karir perfilmannya.

Tallash merupakan film thriller kriminal yang tidak kalah dari thriller- thriller kriminal buatan hollywood. Tallash memulai rasa penasaran kita bahkan ketika film ini belum genap berjalan 5 menit dan tallash tidak berhenti mengundang rasa penasaraan anda di setiap menitnya.

Tallash sendiri bercerita tentang inspektur Surjan Singh Shekawat(bukan inspektur vijay lo J) yang menyelidiki tentang kematian aktor india terkenal yang tewas dalam sebuah kecelakaan. Film ini juga menganjak anda untuk ikut berpikir tentang misteri kecelakaan itu. Walau pasti anda akan bingung dengan hubungan antara misteri kemantian dan misteri arwah anak surjan. Namun ketidak cocokan antara kecelakaan dan hantu dijawab dengan benang merah yang menurut saya cerdas untuk ukuran film india walau twist seperti itu sudah sering kita temui di film-film hollywood.  Untuk anda para lelaki mungkin akan ada hiburan bonus dengan melihat kareena kappor yang berperan sebagai Rosie (seorang pelacur yang sexi abis boo J)

Peringkat 2  KAHAANI

Kahaani-poster

Vidya Balan berperan sebagai Vidya Bagchi, seorang wanita hamil yang  mencari suaminya yang tiba-tiba menghilang di kota kolkata. Vidya tidak sendiri karena ia dibantu polisi setempat, Rana untuk mencari sang suami yang tiba-tiba lost kontak dengannya.

Semula saya mengira jika Kahaani hanyalah film drama suami istri biasa. Namun melihat 5 menit pertama film ini saya yakin anggapan saya tadi salah. Banyak misteri yang ditemukan seiring dengan perjalanan vidya bagchi mencari suaminya. Mulai dari miripnya muka suaminya dengan most wanted terorist di india, kematian orang-orang yang berniat membantu vidya sampai keikutsertaan agen federal india (CIA-nya india). Dan semua liukan-liukan itu berhasil ditutup dengan sebuah twist yang kita pasti tidak menyangkanya.

Dibanding twist ending milik tallash saya lebih menyukai twist ending milik kahaani. Selain twist milik tallash sudah pasaran dan sering saya jumpai twist milik kahaani menurut saya lebih memiliki efek shocking yang dalam. Anda akan merasakannya jika anda menonton sebuah karya yang bisa saya sebut istimewa ini.

Peringkat 1  Slumdog Millionaire

slumdog-millionaire-poster-full

Tidak ada film india selain Slumdog Millionaire (SM) yang pantas berada di peringkat pertama pada daftar ini. Cerita yang apik, akting prima para pemerannya dan tentu saja Piala Oscar yang di raih oleh film yang menjadikan acara kuis terpopuler sedunia (Who Want’s to be Millionaire) sebagai bumbu kisah asmara yang manis.

SM bercerita tentang seorang pemuda (Jamal) berprofesi sebagai pengantar teh yang dianggap curang dalam kuis WWTBM. Dia berhasil menjawab pertanyaan demi pertanyaan yang diajukan.  Bagaimana jamal menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut? Ternyata secara kebetulan pertanyaan yang diajukan semuanya berhubungan dengan kehidupannya, termasuk kehidupan cintanya.

Yang disuka oleh penulis film ini adalah penggambaran nyata dari keadaan negara India yang tidak pernah penulis lihat di film-film bollywood lainnya. Jika anda terbiasa dengan  film india yang sering disuguhi pemandangan-pemandangan bagus nan eksotis maka anda harus kecewa karena (sekali lagi) di film yang diadaptasi dari novel ini karya Vikas Swarup ini menampilkan gambaran nyata dari negeri asal Taj Mahal itu.

Advertisements

2 responses

  1. Ada film2 yg lebih bagus lg tanpa tarian dan nyanyian :
    Barfi
    Udaan
    Kites
    That girl in yellow boots
    Black
    Trishna
    Videsh
    The last lear
    The Lunchbox
    Monsoon shootout
    Madras cafe
    Wake up sid

    1. terima kasih referensinya gan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: